Minggu, 28 Februari 2016

Pohon Kurma di Kalimantan


"Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang diantara kalian ada bibit kurma maka apabila di mampu menanamnya sebelum terjadinya kiamat maka hendaklah dia menanamnya." (HR. Imam Ahmad 3/183, 184, 191, Imam Ath-Thayalisi no. 2068, Imam Bukhari di kitab Al-Adab Al-Mufrad no. 479 dan Ibnul Arabi di kitabnya Al-Mu'jam 1/21 dari hadits Hisyam bin Yazid dari Anas Radhiyallahu 'Anhu).

Hadits di atas merupakan perintah kepada umat muslim untuk menanam pohon, bahkan perintahtersebut secara khusus menyebutkan untuk menanam kurma. Perintah menanam kurma tersebut tidak mungkin hanya diperuntukkan bagi orang arab di Timur Tengah saja tetapi diberuntukkan bagi seluruh umat muslim dimanapun berada termasuk di Indonesi khususnya kalimantan yang tanahnya teramat subur.


Di Indonesia, sudah banyak pohon kurma yang tumbuh bahkan berbuah seperti kesaksian yang datang dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Indramayu, Bandung, Gresik, Banyuwangi dan Bangka Belitung. Selanjutnya bagaimana dengan Kalimantan apakah pohon kurma juga bisa tumbuh dan berbuah di tanah Borneo ini??

Sebagaimana di tanah jawa dimana pohon kurma bisa tumbuh subur dan berbuah, tidak menutup kemungkinan pohon kurmapun bisa tumbuh subur dan berbuah di tanah  Borneo apalagi saudara pohon kurma yaitu suku palem-paleman seperti kelapa sawit perkebunannya amat sangat banyak di kalimantan.

Kebun sawit Kalsel (Foto : infosawit.com)

Meskipun masih banyak orang yang berbantahan apakah pohon kurma bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia ternyata di Kalimantan Selatan sudah banyak tumbuh pohon kurma, mulai dari pohon kurma yang tumbuh sendiri di masjid-masjid dari biji-biji kurma yang dibuang sehabis berbuka puasa, pohon kurma di halaman  rumah-rumah warga sebagai tanaman hias, bahkan pohon-pohon kurma yang sengaja di tumbuhkan sendiri dari biji oleh masyarakatnya. 

Di Kalimantan Selatan, khususnya untuk kota Banjarmasin saja setidaknya tidak kurang terdapat 100 pohon kurma yang tersebar di beberapa tempat. Itu baru di Banjarmasin saja, kalo di seluruh Kalimantan Selatan pasti lebih banyak lagi. Selain bisa tumbuh bahkan menurut kesaksian ada beberapa pohon kurma yang sempat menghasilkan buah seperti kesaksian di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Pohon kurma tersebut dapat berbuah mungkin secara alami yang penyerbukannya dibantu angin maupun serangga. Padahal apabila masyarakat Kalimantan sudah tahu bagaimana cara mengawinkan pohon kurma maka pohon-pohon kurma yang tersebar di Pulau Kalimantan akan banyak yang bisa berbuah.

Pohon kurma di Sekitar kota Banjarmasin

Hal inilah yang coba disosialisasikan oleh Asosiasi Kurma Indonesia untuk membantah mitos kurma tidak bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia dengan membuktikan sendiri bahwa hal tersebut tidak benar. Di Kalimantan Selatan berdiri Banjarmasin Date Palm Society sebagai kepanjangan tangan Asosiasi Kurma Indonesia yang melakukan Sosialisasi, pengembangan, perawatan dan budidaya Kurma di Kalimantan Selatan.

Dengan berbagai upaya ini semoga pohon berkah yang paling banyak disebut di Al-qur'an ini semakin banyak tumbuh dan berbuah di tanah Kalimantan.

Disusun oleh Ahmad Ridha 

  

     

   

1 komentar:

  1. Biji kurma KL 1 hrg 20 rb/biji,
    Bibit kurma ajwa 170 rb.
    Bibit kurma degled nour 40 rb
    Bibit kurma KL 1 hrg 100 rb
    Bibit kurma red barhee 90 rb
    Bibit kurma yello barhee 90 rb
    Kurma jantan sudah berbunga 3 jt
    Kurma betina sudah mulai berbuah 10 jt.
    Hub WA 085315907988/082364828345.
    Pin D0A8DC68

    BalasHapus